Gurih dan Nikmatnya Bothok Teri Pepaya Jepang

Spread the love

Bersantap dengan makanan khas pedesaan menjadi sebuah sensasi yang menyenangkan. Jika Anda bersantap di berbagai rumah makan, menu seperti bothok teri papaya Jepang bisa sangat menggugah selera. Bagaimana tidak? Bothok teri memiliki citarasa yang gurih dan nikmat, sangat cocok dimakan bersama nasi panas dan secangkir teh hangat. Anda yang ingin membawa sensasi makan khas pedesaan bisa memilih menu ini untuk keluarga. Bothok teri akan menjadi salah satu menu favorit keluarga Anda. Ditambah dengan daun papaya Jepang yang lezat, Anda akan menikmati santap terbaik. Kombinasi dengan berbagai lauk juga akan membuat makanan ini semakin lezat, lho!

Resep Bothok Teri Pepaya Jepang

Jika Anda belum mengenal pepaya Jepang, maka Anda bisa mencari info terlebih dahulu di beberapa sumber. Dalam hal ini, daun pepaya Jepang tidak seperti daun pepaya lain, lho. Selain rasanya yang tidak pahit, daun pepaya Jepang juga memiliki bentuk yang berbeda. Daunnya langsing dan panjang, tidak seperti daun pepaya pada umumnya yang lebar. Anda pasti sudah tidak sabar menyantap makanan ini dengan nasi panas dan lauk-pauk yang lezat. Yuk, simak resep mudahnya di bawah ini!

Bahan-bahan:

400 gram kelapa parut muda

100 gram teri, buang kepala dan kotorannya, kemudian cuci bersih

2 buah cabai hijau, diiris serong

1 lembar daun salam, potong-potong

2 buah cabai rawit, iris serong

1 buah tomat hijau, diiris halus

Secukupnya daun pepaya Jepang, rebus, kemudian peras airnya

Secukupnya daun pisang untuk membungkus

Bumbu halus:

4 butir bawang putih

6 butir bawang merah

4 butir kemiri, disangrai

10 buah cabai merah keriting

1 sdt garam

1 sdt gula pasir

Langkah-langkah

  1. Haluskan bumbu halus yaitu bawang putih, bawang merah, kemiri, cabai, gula, dan garam. Ulek bumbu agar rasa bumbu lebih terasa.
  2. Campurkan kelapa parut, bumbu halus, serta daun salam. Aduk merata.
  3. Masukkan irisan cabai merah keriting, tomat, dan teri. Cek rasa. Perbaiki rasa jika masih ada yang kurang.
  4. Siapkan daun pisang. Letakkan daun pepaya Jepang rebus, campuran kelapa parut, serta cabai rawit. Sesuaikan dengan selera Anda. Jika suka yang lebih pedas, Anda bisa menambahkan cabai rawit lebih banyak. Jika sudah, tutup daun dan semat dengan menggunakan tusuk gigi.
  5. Kukus selama 40 menit sampai matang.

Memilih Lauk Padanan Bothok Teri Pepaya Jepang

Hal asyik ketika menyiapkan menu untuk keluarga adalah memadukan lauk dan sayur yang sesuai untuk keluarga Anda. Pilihan lauk bisa sangat beragam sesuai dengan selera keluarga. Namun, untuk urusan bothok teri ini, Anda bisa memadukannya dengan berbagai lauk yang lezat. Pertama, Anda bisa memasak nasi putih hangat. Jangan lupa taburkan bawang goreng di atas nasi putih agar lebih gurih dan lezat. Anda juga bisa menyiapkan berbagai lauk untuk menambahkan kelezatan bersantap.

Lauk lain seperti ikan asin goreng atau tahu dan tempe akan sangat cocok untuk Anda dan keluarga. Jangan lupa, sambal juga akan sangat cocok untuk menemani pengalaman bersantap bothok teri pepaya Jepang. Anda bisa juga menyiapkan petai untuk memberikan kesan sedap dan enak ketika bersantap bersama keluarga. Enak sekali, bukan? Kini, Anda bisa mulai memasak makanan tradisional yang satu ini dan menjadikannya lauk favorit keluarga Anda. Selamat mencoba di rumah!