Tips Memilih Model Tumpeng Yang Tepat

Spread the love

Tumpeng merupakan salah satu jenis olahan dari nasi yang cukup populer bahkan sangat populer di Indonesia. Tumpeng ini merupakan olahan yang terbuat dari nasi yang dibentuk mengerucut seperti gunung. Olahan dari tumpeng ini berwarna kuning seperti nasi kuning tetapi dibentuk mengerucut. Selain berwarna kuning, di beberapa daerah di Indonesia tumpeng juga memiliki warna asli nasi yaitu warna putih. Namun yang paling sering dijumpai adalah nasi tumpeng berwarna kuning.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai nasi tumpeng ini, ada baiknya untuk mengetahui mengenai sejarah tumpeng dan filosofinya terlebih dahulu. Anda harus mengerti untuk apa menggunakan tumpeng. Sejarah dan filosofi dari tumpeng ini juga bisa menambah pengetahuan Anda.

Sejarah dan Filosofi Tumpeng

Sejak jaman dahulu, tumpeng menjadi salah satu olahan atau salah satu sajian wajib untuk kegiatan perayaan dan juga kegiatan adat maupun acara – acara syukuran. Biasanya masyarakat yang sering menggunakan tumpeng sebagai sajian dari perayaan ataupun sebagai sajian yang ada di acara syukuran adalah masyarakat dari suku Jawa.

Tumpeng sudah sejak lama masuk ke area Indonesia, bahkan sebelum masuknya agama di Indonesia, tumpeng sudah menjadi sajian yang digunakan untuk mengekspresikan rasa syukur. Nasi tumpeng ini berbentuk kerucut seperti gunung karena memang melambangkan gunung yang erat hubungannya dengan dunia spiritual. Jumlah lauk yang mengelilingi tumpeng juga tidak sembarang, memiliki arti tersendiri.

Lauk dengan jumlah 7 atau dalam bahasa Jawa dibaca dengan pitu yang berarti adalah pertolongan. Dengan jumlah 7 tersebut masyarakat mengharapkan dan memohon doa serta pertolongan untuk kelancaran kegiatan yang mereka adakan. Setiap sajiannya juga memiliki arti tertentu.

Model Tumpeng Yang Bisa Anda Pilih

Banyak sekali model dari kreasi tumpeng di era ini, tumpeng juga sudah bisa dipesan dari penjual tumpeng yang ada di area rumah Anda sehingga Anda tidak perlu repot lagi untuk membuat hidangan tumpeng ini yang memang lumayan sulit jika dilakukan oleh yang belum terbiasa atau yang belum pernah membuat nasi tumpeng sebelumnya.

Anda hanya perlu menghubungi penjual tumpeng dan menentukan model yang menjadi pilihan apa, seperti apakah tumpeng yang Anda inginkan. Nah berikut akan dijelaskan mengenai beberapa model dari tumpeng yang dapat Anda pilih untuk acara perayaan, syukuran dan lainnya.

  • Untuk memilih model dari tumpeng maka Anda harus menyesuaikan dengan acara yang akan Anda laksanakan. Jika untuk acara ulang tahun anak maka Anda harus menyesuaikan dekorasi tumpengnya dengan tema tersebut. Anda cukup dengan memberikan model acara ulang tahun kepada penjual tumpeng.
  • Sesuaikan model dengan keuangan Anda, dekorasi dari tumpeng ini terbuat dari berbagai macam makanan dan lauk pauk. Anda perlu menyesuaikan lauk apa yang Anda inginkan dengan uang yang Anda miliki.

Itulah beberapa cara untuk menentukan model tumpeng yang Anda inginkan. Anda bisa pesan nasi tumpeng dadakan apabila Anda mengadakan acara secara mendadak. Bagi Anda yang tinggal di area Jakarta, Anda bisa memesan nasi tumpeng dari Jakarta nasi tumpeng, bisa delivery order sehingga akan memudahkan dalam pengantaran. Jakarta nasi tumpeng tersebut sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun dalam pembuatan nasi tumpeng ini. Nah itulah tadi mengenai sejarah dan filosofi serta cara untuk menentukan model nasi tumpeng yang Anda inginkan. Semoga dapat menjadi rekomendasi Anda yang ingin memesan nasi tumpeng di area Jakarta.