Budaya Makan Bersama Keluarga, Ini Dia Manfaatnya!

Spread the love

Budaya makan bersama keluarga ternyata punya banyak manfaat, lho. Tidak hanya untuk memenuhi asupan gizi semata, makan bersama dengan keluarga ternyata terbukti dapat mengembangkan dan meningkatkan rasa percaya, nyaman, dan aman pada anak.

Lalu, apa saja sih manfaat dari makan bersama dengan keluarga? Agar kamu makin paham dengan manfaat dari makan bareng keluarga, mari simak ulasan berikut ini, yuk!

Budaya Makan Bersama Keluarga

Manfaat Budaya Makan Bersama Keluarga

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, budaya makan bersama dengan anggota keluarga memiliki banyak manfaat baik untuk fisik maupun psikis. Nah, berikut ini beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari makan bersama keluarga.

1.     Asupan Gizi Lebih Terkontrol

Manfaat pertama dari makan bersama yaitu asupan gizi dapat terkontrol dengan baik. Dengan membiasakan makan bersama, anak-anak akan terbiasa mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi sehingga asupan nutrisi yang dibutuhkan dapat tercukupi dengan baik.

Anak-anak yang punya kebiasaan makan bersama keluarga biasanya jarang mengonsumsi makanan cepat saji atau junk food yang mengandung lemak jahat yang tinggi. Jadi, lebih sehat, kan?

2.     Mencegah Berbagai Masalah Kesehatan

Karena asupan nutrisinya tercukupi dengan baik, anak-anak yang memiliki kebiasaan makan bersama keluarga biasanya terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan seperti malnutrisi (kurang gizi), diare, dan masalah kesehatan lainnya.

Manfaat dari budaya makan bersama keluarga ini juga membantu mencegah gangguan makan pada anak-anak seperti bulimia dan anoreksia.

3.     Mengajarkan Cara dan Etika Makan

Budaya makan bersama dengan anggota keluarga juga menjadi media paling efektif bagi orang tua untuk mengajarkan cara dan etika yang benar saat makan. Misalnya, orang tua bisa mengajarkan posisi yang tepat saat makan atau cara memakai alat makan yang benar.

Orang tua bisa mengajarkan kebiasaan tidak mengecap atau mengeluarkan suara saat mengunyah makanan. Selain itu, orang tua juga bisa memberikan contoh tentang tata krama saat makan seperti berdoa sebelum makan, mengucapkan terima kasih, atau minta tolong dengan sopan.

4.     Meningkatkan Komunikasi dan Rasa Nyaman

Jadwal kegiatan yang padat tentunya berpotensi menyita kuantitas waktu untuk bercengkrama dan berkumpul dengan keluarga, bukan? Nah, makan bersama keluarga menjadi kesempatan untuk meningkatkan komunikasi dan interaksi dengan anggota keluarga.

Dengan begitu, hubungan antar anggota keluarga akan semakin kuat. Baik anak-anak maupun orangtua juga menjadi lebih nyaman dan leluasa saat bercerita kegiatan sehari-hari atau saat menghadapi suatu masalah.

5.     Meningkatkan Citarasa Anak

Manfaat selanjutnya dari budaya makan bersama dengan keluarga yaitu meningkatkan citarasa pada anak. Anak-anak yang terbiasa makan bersama dengan anggota keluarga biasanya mendapatkan menu makanan yang lebih bervariasi.

Makanan yang bervariasi ini terbukti dapat membantu mencukupi asupan nutrisi harian yang dibutuhkan oleh anak-anak. Selain membantu meningkatkan citarasa, anak-anak yang memiliki kebiasaan makan bersama cenderung lebih terbuka terhadap menu makanan baru.

6.     Nilai dan Performa di Sekolah Meningkat

Dengan tercukupinya asupan gizi, kesehatan tubuh anak-anak juga akan lebih terjamin. Dengan begitu, anak-anak akan lebih mudah menyerap ilmu dan beraktivitas secara maksimal. Budaya makan bersama juga dapat meningkatkan daya interaksi dan sosial anak-anak saat di sekolah.

Anak-anak bisa belajar menjadi pendengar yang baik saat makan bersama dengan keluarga. Mereka juga akan terbiasa untuk menekan ego dan lebih bisa menghargai anggota keluarga lainnya.

7.     Biaya Makan Lebih Hemat

Manfaat budaya makan bareng keluarga selanjutnya yaitu biaya pengeluaran untuk makan menjadi lebih hemat. Dengan membiasakan diri makan bersama keluarga, para ibu bisa merancang anggaran mengenai bahan makanan apa saja yang dibutuhkan agar pengeluaran tidak membengkak.

Ulasan di atas tentunya membuat kamu makin tahu manfaat dari budaya makan bersama keluarga, kan? Selain membantu mencukupi asupan nutrisi bagi tubuh, makan bersama juga bermanfaat untuk meningkatkan komunikasi dan hubungan antar anggota keluarga menjadi lebih erat, lho.